Pada hari Sabtu dan Minggu, 24-25 Juni 2023 dosen dan laboran Bagian Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret mengikuti Kongres Nasional (KONAS) VI PDS PARKI dan Temu Ilmiah Nasional Parasitologi Klinik VI di Jakarta. Kegiatan yang bertemakan Tantangan di Bidang Parasitologi dan Mikologi di Era Globalisasi : Kewaspadaan Dini Penyakit Infeksi Infeksi Emerging.

Kegiatan hari pertama Sabtu, 24 Juni 2023 yaitu Workshop Pemeriksaan Mikosis Superfisialis dan Pemeriksaan Parasit yang meliputi pemeriksaaan kerokan kulit, demonstrasi touch biopsy, identifikasi jamur, pembuatan medium untuk identifikasi jamur, pengecatan ZN modifikasi dan trichrome. Di hari kedua Minggu, 25 Juni 2023 diadakan simposium tentang peran dokter spesialis parasitologi klinik dalam penanganan kasus parasitologi dan mikologi emerging khususnya kasus simian malaria, toksoplasmosis, parasit oportunistik dan infeksi jamur.

Kegiatan ini dirasakan sangat berguna untuk update pengetahuan bagi dosen dan laboran di Bagian Parasitologi FK UNS. Dan diharapkan dapat memperkaya pengajaran dan kegiatan praktikum kepada mahasiswa terkait infeksi parasit dan jamur pada manusia.

dr. Yusuf Ari Mashuri, M.Sc sedang melakukan praktik pembuatan medium untuk pemeriksaan jamur
dr. Paramasari Dirgahayu, PhD melakukan identifikasi preparat parasit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *